Perkembangan Sekuriti Komputer


Firewall pada Jaringan Komputer

Computer security atau dikenal juga dengan sebutan cybersecurity  adalah keamanan infromasi yang diaplikasikan kepada komputer dan jaringannya. Computer security bertujuan membantu user agar dapat mencegah penipuan atau mendeteksi adanya usaha penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi. Secara garis besar pengamanan sistem komputer mencakup 4 hal mendasar :

  1. Pengamanan secara fisik
  2. Pengamanan Akses
  3. Pengamanan Data
  4. Pengamanan Jaringan

Seperti yang telah kita ketahui, setiap perangkat komputer memiliki sistem keamanan. Firewall adalah salah satu bagian dari computer security yang ada pada setiap perangkat dan jaringan komputer.

Firewall adalah sebuah program, yang dikembangkan untuk meningkatkan proteksi dan keamanan dari jaringan juga komputer yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.

Firewall terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  •  Personal Firewall

Personal firewall ini didesain untuk melindungi sebuah komputer yang terhubung ke jaringan dari akses yang tidak dikehendaki. Contohnya adalah Microsoft Windows Firewall.

anschluss_einer_personal_firewall

  • Network Firewall

Network firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Pada umumnya, firewall dijumpai dalam dua bentuk, yaitu sebagai sebuah perangkat terdedikasi atau sebagai sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Contohnya adalah Microsoft Internet Security and Acceleration Server

firewall_network_diagram_l

Manfaat dari Firewall dalam Jaringan Komputer

Secara praktisnya, sebuah firewall akan memberikan banyak fungsi dan manfaat bagi usernya. Salahsatunya dalam hal keamanan jaringan komputer untuk menjaga kerahasiaan data dan informasi dari komputer.

  1. Mencegah terjadinya pembajakan konten pada jaringan

pembajakan konten saat ini merupakan suatu hal yang serius dan biasa terjadi dalam dunia internet. Setiap ide dan program yang terdapat di suatu komputer dapat dengan mudah dibajak juga dihack, hanya dengan cara menembus sistem keamanannya.

Keamanan dalam sebuah jaringan sangat menjadi fokus utama sebelum membangun sistem. Hal ini juga yang mendasari perangkat lunak lainnya yang saling berkaitan untuk memproteksi suatu jaringan komputer agar aman.

2. Mencegah masuknya virus dan malware

Virus dan juga malware yang masuk ke dalam komputer dapat masuk apabila secara tidak sengaja kita melakukan akses terhadap situs yang menyebarkan virus tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya perlu mengaktifkan firewall pada komputer dan jaringan yang kita miliki, sehingga paling tidak virus dan juga malware akan terdeteksi oleh firewall di komputer kita.

free-web-proxy-server

Malware dan virus ini bisa dikarenakan masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN. Oleh sebab itu, user juga perlu menggunakan perangkat lain agar proteksi terhadap virus tidak mudah jebol. Contohnya proxy, fungsi proxy yang menjadi salah satu perangkat untuk melindungi jaringan komputer dari malware dan virus yang satu ini dapat diandalkan.

3. Melakukan pemblokiran terhadap konten berbahaya

Konten-konten yang berbahaya juga mengandung unsur negative juga bisa dengan mudah diakses oleh siapapun. Namun, dengan menggunakan firewall, setiap konten yang dianggap berbahaya, bisa kita blok dengan mudah. Hal ini tentu saja akan meningkatkan keamanan berinternet di komputer anda.

4. Meningkatkan efisiensi karyawan dan juga staff dalam bekerja

Banyak karyawan dan staff yang mengabaikan pekerjaannya akibat sering melakukan browsing di internet. Akan tetapi dengan adanya firewall, dapat dilakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang dapat menurunkan efektivitas kinerja karyawan. Jadi dengan adanya firewall, secara langsung maupun tidak langsung akan menyebabkan efektivitas dan kinerja karyawan menjadi lebih meningkat.

References:

http://dosenit.com/jaringan-komputer/security-jaringan/fungsi-firewall

https://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_komputer

https://baguspermady.wordpress.com/2011/10/12/perkembangan-firewall-sampai-tahun-2011-network-security/

https://a60377.wordpress.com/2009/01/22/sistem-keamanan-komputer/

http://risz-ma.blogspot.co.id/2012/02/perkembangan-sekuriti-komputer.html

sumber gambar:

http://diagramo.com/editor/raster.php?hash=OLnvgh&type=png

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s